Agus Salen

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Membuat Tempat Duduk di Bawah Pohon (Part 4) (Tantangan Menulis 30 Hari ke-4)

19. Dilakukan pengecoran daun meja dengan tetap memperhatikan kepadatan cor beton agar diperoleh hasil coran yang kuat. Harus memperhatikan posisi lubang daun meja untuk persiapan kait dengan tiang meja. Tidak lupa mengosok permukaan cor dengan menggunakan roskam agar rata.

20. Biarkan hasil coran daun meja sampai kering. Untuk mencapai kering sempurna membutuhkan waktu selama 2 minggu. Akan beresiko retak jika diangkat sebelum mencapai minimal 2 minggu,

21. Setelah daun meja mencapai masa 2 minggu, maka diangkat daun meja itu ke atas tempat duduk yang telah dibuat sebelumnya.

22. Sambil menunggu pengeringan sempurna daun meja yang sudah dicor, langkah selanjutnya adalah membuat tiang daun meja dengan menggunakan pasangan batu bata ketebalan ½ bata.

23. Dilakukan pelesteran tiang meja dari pasangan batu bata agar lebih kuat dan kokoh dengan menggunakan campuran 1 : 3

24. Setelah tiang meja selesai dan telah kering langkah selanjutnya adalah memasang daun meja di atas tiang yang sudah dibuat. Hal yang perlu diperhatikan pada saat memasang daun meja adalah ketepatan lubang dan daun meja dengan lubang tiang meja sehingga dengan mudah dapat dikaitkan besinya sebelum dicor. Pengecoran yang dimaksud adalah pengecoran lubang pertemuan antara daun meja dan tiang agar memiliki daya ikat yang kuat.

25. Selanjutnya dilakukan perapihan daun meja dengan cara memplester dengan campuran semen pasir perbandingan 1 ; 2, satu bagian semen dicampur dengan dua bagian pasir. Selanjutnya difinising dengan menggunakan adonan semen air sampai licin.

26. Membuat tulisan TAMAN BACA, dengan cara terlebih dahulu dibut huruf dengan bantuan computer. Huruf tersebut digunting kemudian ditempelkan pada bidang yang sebelumnya telah dipertebal dengan campuran semen pasir. Dengan bantuan huruf itu dilakukan pengikisan bagian yang tidak diperlukan sampai terbentuk tulisan TAMAN BACA.

27. Setelah pekerjaan konstruksi dan finising selesai dilakukan pekerjaan pengecetan dasar dengan menggunakan cat warnah hitam. Penting diperhatikan pada tahap pengecatan dasar ini adalah celah-celah ornament motif kayu harus tersentuh semua oleh cat dasar.

28. Selanjutnya melakukan pencampuran cat agar diperoleh warnah yang menyerupai warnah kayu. Pada bagian kayu yang terkelupas diberi warnah agar muda dibandingkan dengan warnah kulit kayu. Demikian juga dengan batang kayu yang terpotong diberi warnah yang agak muda dibandingkan dengan warnah kulit kayu.

29. Warnah kulit kayu diperoleh dengan mencampurkan warnah merah dan kuning yang akan menghasilkan warnah orange. Kemudian untuk mendapatkan warnah seperti warnah kulit kayu ditambah dengan warnah hitam atau bisa juga dicampur dengan warnah biru sesuai kebutuhan. Jika hasil pencampuran tersebut sudah dirasa mirip dangan warnah kulit kayu maka dapat dilakukan pengecatan.

30. Untuk menghasilkan warnah kayu yang terkelupas maka warnah kulit kayu dicampur dengan warnah putih supaya dihasilkan warnah yang lebih muda.

31. Pengecatan dimulai dengan mengecat kulit kayu dengan arah kuas berlawanan dengan garis ornament kulit kayu. Setelah semua kulit kayu selesai dicat, pengecatan dilanjutkan pada bagian kayu yang terkelupas dan ujung kayu yang terpotong.

32. Khusus pengecatan daun meja, bagian tengah dicat denan warnah agak tua dari warnah kayu yang terpotong untuk menunjukkan warnah bagian kayu yang sudah tua.

33. Tahapan selesai tempat duduk dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Selamat mencoba semoga dapat diperaktekkan untuk menjadikan sekolah kita indah.

#TantangnanMenulis30Hari

#TantanganMenulisGurusiana

#TanntanganMenulisHariKe-3

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

makin keren dan inspiratif, semoga konsisten menulis dan makin sukses

10 Jul
Balas

Mau diperaktekkan setelah corona, deh Pak!

11 Jul
Balas



search

New Post